Vaksinasi Bikin Dak Dik Duk Serr….

VAKSINASI SERENTAK DI DESA SRIWEDARI

Kamis, 10 Juni 2021 Menindaklanjuti surat dari Dinas Kesehatan Pati Nomor 443/1627/2021 tentang Pelayanan Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia dan masyarakat desa usia minimal 18 Tahun. Pemerintah desa Sriwedari bersama Tim gugus tugas covid-19 dan juga Puskesmas Jaken melaksanakan vaksinasi dengan tujuan agar terbentuk kekebalan terhadap penyakit covid-19.

Diharapkan semua warga desa sriwedari sebelum mengikuti vaksinasi sasarannya harus sarapan terlebih dahulu dan diwajibkan membawa KTP, dan nomor HP yang aktif. Pelakasanaan mulai pukul 08.00 s.d Selesai, bertempat di balai Desa Sriwedari.

Alur 4 Meja Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19:

1. Meja Pertama

Diisi Petugas pendaftaran untuk verifikasi data. Petugas akan memanggil Sasaran penerima vaksinasi Ke Meja pertama sesuai dengan nomor urutan kedatangan. Petugas memastikan sasaran menunjukkan KTP (elektronik) untuk dilakukan verifikasi sesuai tanggal pelayanan vaksinasi yang telah di tentukan.

2. Meja Kedua

untuk melakukan skrining anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana,serta untuk melakukan edukasi vaksinasi covid-19. Pemeriksaan  meliputi suhu tubuh dan tekanan darah.

3. Meja Ketiga

Pada meja Ketiga pelaksanaan vaksinasi dilakukan oleh vaksinator kepada penerima vaksin. untuk vaksin multidosis petugas harus menuliskan tanggal dan jam dibukanya vial vaksin dengan pulpen/ spidol di label pada vial vaksin.

Disini vaksin covid-19 akan diberikan secara intra muskular atau melalui lengan sebelah kiri sesuai prinsip penyuntikan aman. Kemudian, petugas menuliskan nama sasaran, NIK,nama vaksin dan nomor batch vaksin pada sebuah memo. memo akan diberikan kepada sasaran untuk siserahkan kepada petugas di meja 4.

4. Meja Keempat

Petugas akan menerima memo yang diberikan oleh petugas meja 3 dan memasukkan hasil vaksinasi yaitu jenis vaksin dan nomor batch vaksin. Petugas kemudian akan memberikan kartu vaksinasi, elektronik, serta penanda kepada sasaran yang telah mendapat vaksinasi. kartu tersebut ditandatangani dan diberi stempel lalu di berikan kepada sasaran sebagai bukti bahwa sasaran telah diberikan vaksinasi.

Petugas akan meminta penerima vaksinasi untuk menunggu selama 30 menit di ruang observasi dan diberikan penyuluhan tentang pencegahan covid-19.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan